MAKALAH
DIAJUKAN DALAM RANGKA MEMENUHI TUGAS MATA
KULIAH MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM
Dosen pembimbing:
Drs.Imam Tholabi,M.Pd.I
Disusun oleh:
1. Taupiq Mahmuda
2. Rery rifatul husna
3. Nur Rohman
INSTITUT AGAMA ISLAM TRIBAKTI
(IAIT) KEDIRI
KATA PENGANTAR
Bismillahir rohmanir rohim
Alhamdulillah puji syukur kehadirat Allah
Swt. Atas limpahan rahmat, taufiq dan hidayah serta inayahnya, makalah ini
dapat terselesaikan.Semoga rahmat serta salam tetap tercurahkan kepada Nabi
Muhammad Swt. Yang telah berhasil merubah kehidupan dari jahiliah untuk
diwujudkan sebagai manusia hakiki yakni manusia yang mengenal tuhan melalui
tntutan syarist islam. Karya ini dapat kami selesaikan tentunya tida lepas dari
dukungan-dukungn dan bantuan, baik moril maupun sepirituil dari berbagai pihak
yang terkait. Oleh karena itu kami ucapkan terimakasih kepada:
1. Drs.Imam
Tholabi,M.Pd.I selaku dosen mata kuliah MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM
2. Ibu Bapak kami
yang senantiasa mendukung kani dengan do’a serta restunya
3. teman-teman
seperjuangan
4. serta segenap
pihak yang tidak dapat kani sebutkan satu per satu, semoga amalnya diterima
oleh ALLAH SWT.
Kami menyadari sepenuhnya bahwa masih
banyak kekurangan dalanm makalah kami. Sehingga kami mengharapkan keritikan dan
saran dari para pembaca yang sifatnya membangun untuk penbuatan makalah kami
berikutnya.
Harapan kami semoga makalah kami dapat
memberi manfaat bagi penulis pada khususnya dan pada pembaca umumnya.
Kediri, 13 April 2010
Penulis
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Dasar Pemikiran
TPQ AL-BADRIYYAH Pondok Pesantren
Al-Ishlah merupakan lembaga pendidikan dibawah naungan Madrasah Islamiyyah
Al-Badriyyah. TPQ Al-Badriyyah berlokasi di Desa Bandar Kidul Mojoroto Kediri
Jawa Timur. Pendidikan Anak Usia Dini merupakan salah satu cara agar kelak
menjadi pribadi yang berguna bagi agama, negara dan masyarakat sekitar. Dengan
adanya TPQ, pendidikan anak akan lebih mengena, karena disamping mengajarkan
bermain juga mengajarkan nilai-nilai akhlak yang luhur, cerita-cerita teladan,
Al-qur’an, Do’a sehari-hari dan lain-lain. Pendidikan tersebut dapat merangsang
anak agar mempunyai mental yang kuat, tidak mudah minder yang bisa
mengakibatkan lambatnya pertumbuhan anak dari segi jasmani maupun rohani.
Metode-metode modern yang sering digunakan
oleh lembaga yang khusus menangani anak dibawah 6 tahun memang bisa memberikan
nilai yang positif bagi anak, tetapi belum bisa menanamkan nilai-nilai yang
justru sangat penting dalam jenjang selanjutnya yaitu budi pekerti. Jika budi
pekerti tidak ditanamkan sejak dini, maka dikhawatirkan akan mudah terbawa
pengaruh-pengaruh negatif seperti tayangan-tayangan televisi yang tidak
mendidik.
Solusi yang tepat untuk hal tersebut
adalah dengan pendidikan anak usia dini di Taman Pendidikan Al-Qur’an
B. Rumusan Masalah
1. Bagaimanakah
struktur kepengurusan TPQ/TPA?
2. Bagaimanakah
kurikulum di TPQ/TPA ?
3. Bagaimanakah
Visi dan Misi ?
4. Bagaimanakah
kegiatan-kegiatan di TPQ/TPA?
5. Bagaimanakah
Pembendaharaan dan keuangan di TPQ/TPA ?
6. Apa sajakah
kendala- kendala dalam melaksanakan pendidikan di TPQ/TPA?
C. Tujuan Penelitian
1. Mengetahui
struktur kepengurusan TPQ/TPA
2. Mengetahui
kurikulum di TPQ/TPA
3. Mengetahui Visi
dan Misi
4. Mengetahui
kegiatan-kegiatan di TPQ/TPA
5. Mengetahui
Pembendaharaan dan keuangan di TPQ/TPA
6. Mengetahui
kendala- kendala dalam melaksanakan pendidikan di TPQ/TPA
7. Sesuai tugas
yang diberikan dosen mata kuliah manajemen pendidikan islam semester dua ,
bahwa tujuan penulisan ini untuk memenuhi tugas pelajaran manajemen pendidikan
islam,. Serta memberikan masukan kepada para mahasiswa/ mahasiswi tribakti
tentang materi TPQ/TPA
BAB II
PEMBAHASAN
A. Struktur Kepengurusan
Pelindung : K.H
Toha Mu’id
Penasehat : K.H
Zubaduzzaman
Hj Lilih Muhibbah
Pembina : Dewan
Gawagis Dan Nawawi
Hj Favida Aliyah
Kepala : Nur Wahid
Wakil : Himmatu
Rohmah
Sekertaris : Rofir
Al-Aziz
Bendahara :
Hisbullah
Wali Kelas SPS :
Himatu Rohmah
Wali Kelas Mahir :
Farhatul Maula
Wali Kelas Iqro’ :
Vivi Muharromah
Wali Kelas SP :
Hisbullah
B. Kurikulum
Struktur kurikulum merupakan pola dan
susunan mata pelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didik dalam kegiatan
pembelajaran. Kedalaman muatan kurikulum pada setiap mata pelajaran dituangkan
dalam kompetensi yang harus dikuasai peserta didik sesuai dengan beban belajar
yang tercantum dalam struktur kurikulum.
TPA Al Badriyyah mempunyai tiga kurikulum yaitu:
1. Kurikulum pesantren
a. Baca Tulis Al Qur’an
b. Ujian Semester
2 Kurikulum Depag
a. Tajwid, Tauhid, Fiqih, Akhlak
b.Buku panduan dari Depag
3 Kurikulum Diknas (APE)
C.Visi dan Misi
1. Berjuang
menegakkan Kalam Allah
2. Mencetak
akhlakul karimah
3. Menanamkan
kemampuan baca tulis Al Qur’an
D. Dasar Hukum
a. Dasar Hukum
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 pasal 28
tentang pendidikan anak usia dini (PAUD)
b. Tujuan
1. Mengenal huruf-huruf
dan bacaan Al-Qur’an
2. Meniru
tokoh-tokoh teladan dengan bercerita
3. Mengajarkan
akhlak mulia
4. Mencegah dari
cacat mental
5. Mengajarkan
disiplin sejak dini dengan cara perintah sholat atau do’a sehari-hari
6. Memperbanyak
perbendaharaan kata
7. Merangsang otak
agar tidak lambat (otak jongkok)
8. Mengurangi efek
negatif dari tayangan televisi yang tidak mendidik
c. Indikator Keberhasilan
1. Menghormati
orang tua
2. Bisa mengeja
huruf-huruf arab
3. Tidak minder
4. Mental yang
kuat
E.Kegiatan Penyelenggaraan
1). Sasaran
Anak usia 2 sampai 6 tahun disekitar
gedung SDI Bandar Kidulm dari berbagi lapisan masyarakat yang dikaitkan dengan
system belajar sambil bermain.
2). Tenaga Pendidik
1. Nur Wahid
2. Husnul Hidayah
3. Sururil
maftutik
4. Nur Halimatus
Sa’diyyah
5. Dll
3. Sarana
Prasarana
1. Ruang bermain
2. Alat bermain
3. Tulisan
huruf-huruf arab dengan ukuran besar
4. ambaro rang
sholat dan benda-benda
5. Buku cerita
bergambar
6. Ruang kelas 4
ruang
7. Absensi
8. Buku Bendahara
9. Buku Laporan
keuangan bulanan
10. Buku laporan
pembayaran seragam, 2 tahun dan 5 tahun sekali
11. Buku honor
ustadzah depag dan swadaya
12. Absensi rapat
13. Buku Induk
1993-2010
F.Kegiatan Pendidikan
1.Lokasi
Bertempat di gedung SDI Bandar Kidul Jl.
Bandar Ngalim No. Bandar Kidul – Kediri.
2.Jadwal Pelaksanaan
Pendidikan dilaksanakan pada sore hari
pukul 16.15 – 17.30 WIB.
3.Materi Pelajaran
Materi pendidikan yang disajikan kepada
anak didik terdiri dari materi dasar dan materi pokok dalam agama dan umum.
Dengan dasar-dasar tersebut, diharapkan anak didik dapat menumbuh-kembangkan
kreativitasnya. Yang dimaksud dengan materi pokok dalam pendidikan ini adalah
materi yang merupakan tujuan utama dari adanya PAUD di TPQ.
Secara lengkap materi pelatihan adalah
sebagai berikut:
1. Materi Pokok
2. Pengenalan
huruf-huru hija’iyyah dan bacaan-bacaanya
3. Pengenalan
sholat lima waktu
4. Cerita-cerita
dari tokoh teladan
5. Pengenalan
do’a-do’a pendek
1. Materi Umum
2. Bernyanyi
3. Bermain dengan
alat yang mendidik
4. Program-program
• Program Harian
Mengaji
• Program Mingguan
Infaq santri stiap hari rabu
Praktek sholat
• Program Semester
Ujian semester dua minggu
• Program Tahunan
Peringatan hari besar islam
Pentas seni
Rekreasi goa seromangkleng
G. Pembendaharaan, Dan Keuangan
1. SPP Rp
5000/bulan
2. Daftar ulang
3. Daftar santri
baru
4. Ujian semester
5. Seragam Rp
55.000
G. Kendala-
kendala
1. Keaktifan guru,
gabung dengan madrasah
2. Keaktifan
siswa, surat ijin kurang aktif
3. Pengarsipanya
belum tertata rapi
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dari uraian-uraian diatas, dapat kami
simpulkan bahwa pendidikan bisa dilakukan mulai dari umur 0 tahun sampai
meninggal dunia. Dan hal tersebut membutuhkan kerja keras dan saling membantu
dari berbagai pihak, terutama kesadaran dan dorongan dari orang tua dengan
disertai tenaga pendidik yang terampil. Dan semua itu tidak akan mencapai
tujuan yang maksimal tanpa adanya sarana dan prasana yang memadai. Tenaga
pendidik juga perlu di perhatikan, karena untuk memaksimalkan pencapaian tujuan
tenaga pendidik perlu diberi pengarahan agar jangan sampai salah dalam
menyampaikan materi.
B. Saran
Kami menyadari sepenuhnya bahwa masih
banyak kekurangan dalanm makalah kami. Sehingga kami mengharapkan keritikan dan
saran dari para pembaca yang sifatnya membangun untuk penbuatan makalah kami
berikutnya.
Harapan kami semoga makalah kami dapat
memberi manfaat bagi penulis pada khususnya dan pada pembaca umumnya.